Rahasia Sukses Di Tahun Pelajaran Baru

Memasuki tahun pelajaran baru adalah hal saat yang menyusahkan keluarga. Untuk anak-anak, mereka harus menyesuaikan diri dengan kelas baru, teman baru, guru baru, pelajaran baru. Apalagi bila harus berpindah sekolah. Ada juga kekuatiran dari orangtua dalam membimbing anak-anak untuk tetap berprestasi dalam kelas baru mereka, Anda juga harus tetap mengontrol suasana rumah agar tetap baik. Berikut ini ada beberapa tips untuk Anda menjaga tahun ajaran baru tetap sukses :

1. Ciptakan suasana rumah yang damai
Anak-anak butuh rumah yang nyaman dan damai. Mereka telah menghadapi hari yang berat di sekolah. Mungkin ada tekanan dalam pertemanan, pelajaran dan masalah-masalah yang lain. rumah adalah tempat dimana mereka dapat meletakkan semua itu dan benar-benar istirahat dan menjadi diri mereka lagi. Biarkan mereka merasakan bahwa dirumah mereka dapat merasakan kasih sayang dan perhatian. Walapun setiap hari pasti ada masalah, tetapi Anda harus bisa untuk melakukan yang terbaik supaya dirumah tidak terjadi pertengkaran dan tidak tercipta suasana yang tidak baik. Buatlah rumah Anda menjadi tempat yang aman, dimana kita dapat membebaskan diri dari rutinitas sehari-hari yang melelahkan. Dengan menjaga rumah tetap damai maka Anda akan melihat perubahan dalam setiap anggota keluarga. Anak-anak akan lebih baik dalam sekolah mereka dan performa suami juga akan lebih baik dikantor.

2. Ajarkan anak Anda untuk berdoa setiap hari
I Timotius 4:8 “Latihan badani terbatas gunanya, tetapi ibadah itu berguna dalam segala hal, karena mengandung janji, baik untuk hidup ini maupun untuk hidup yang akan datang.” Ajarkan anak untuk membaca Alkitab dan merenungkan Firman Tuhan setiap hari. Dirikan mezbah keluarga setiap malam untuk mempererat hubungan satu sama lain, dan terutama hubungan dengan Tuhan. Ini adalah cara terbaik supaya Anda dapat menyegarkan kembali semangat Anda dan keluarga. Anda dapat menjadi contoh untuk anak-anak Anda. Dengan begitu mereka dapat melihat bahwa Anda adalah orangtua yang mampu diandalkan dan dicontoh.

3. Ajarkan anak untuk berolahraga
Latihan fisik juga diperlukan supaya menjaga kesehatan keluarga Anda. Berikan makanan yang bergizi pas untuk setiap anggota keluarga. Pastikan juga anak Anda mendapat jam tidur yang teratur dan pas, sehingga pada saat mereka bangun mereka dapat menjalani hari dengan segar.

4. Jaga hubungan dengan orang lain
Dalam sebuah keluarga, anak-anak mendapatkan hubungan yang penting dengan setiap anggotanay. Jagalah supaya setiap hubungan terjalin dengan baik. Bila hubungan antar anggota keluarga rusak, maka akan berpengaruh pada pribadinya, sekolahnya dan pergaulannya. Biarlah ikatan yang baik itu terus ada. Karena dengan adanya komunikasi yang baik maka Anda dapat mengetahui apa yang menjadi kebutuhan anak Anda dan anak juga dapat berbagi apa saja dengan orangtua mengenai dirinya.

5. Perhatikan setiap jadwal yang ada
Dengan adanya jadwal maka Anda akan mendapati setiap anggota keluarga menjalankan setiap aktivitas dengan baik. Perhatikan jadwal anak Anda. Dari mulai sekolah, PR, olahraga, hobi, pergi ke gereja atau apa saja yang biasa dilakukan oleh anak Anda. Bantu mereka untuk mengevaluasi dan membuat jadwal yang baik untuk anak. Bila Anda melihat anak Anda mulai penat dengan segala kegiatan yang ada, cobalah untuk menjadwal ulang kegiatan anak Anda.

6. Taruh perhatian lebih pada kegiatan akademik anak
Tidaklah diragukan bahwa sekolah adalah hal yang penting bagi anak Anda. Anda dapat mengontrol semua kegiatan anak Anda di sekolah. Bukan hanya pada saat terima rapor tetapi juga Bantu anak Anda pada saat mengerjakan tugasnya dirumah, kedisiplinannya, atau apakah mereka memerlukan kursus tambahan, dll. Tetapi ingat. Jangan terlalu memaksakan anak Anda untuk melakukan semuanya, karena anak akan cenderung penat dan bosan dengan semua itu. Anda juga harus menghargai setiap pendapat mereka. Hal ini dapat membuat anak belajar untuk bertanggung jawab.

Banyak anak muda yang menghadapi segala sesuatu dengan keras. Bila terjadi hal yang tidak menyenangkan mereka cenderung untuk memberontak. Tetapi cobalah ajarkan anak Anda untuk tetap berpegang pada prinsip yang ada. Tetap bertahan dengan berani dan dengan iman, maka dengan begitu mereka akan membangun kepercayaan diri yang kuat dan dapat menjalani hidup mereka dengan baik. Pada akhirnya dengan kepercayaan yang Anda berikan, mereka akan berteimakasih untuk setiap hal yang sudah Anda ajarkan pada mereka. (zoe)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s