Kebutuhan Untuk Melakukan Sesuatu

Menurut Abraham Maslow ada 5 hal dasar yang merupakan kebutuhan dasar manusia. Kali ini kita akan membahas yang ketiga, yakni: Kebutuhan untuk melakukan sesuatu. Setiap insan ingin dihargai dan mempunyai hidup yang berarti. Seperti keinginan untuk membesarkan anak, memperbaiki, kondisi kerja, menemukan sebuah proses baru, membuat bisnis berhasil, dll.

Organisasi juga akan maju, kalau aktivitas organisasi tersebut dapat memberikan sumbangan kepada hal yang memang diharapkan oleh anggotanya. Kalau tidak mereka melakukan “hal yang ingin mereka lakukan” di luar organisasi.

Kalau seseorang menjadi anggota organisasi, kemudian karyanya dalam organisasi itu nampanknya tidak mempunyai arti, pekerjaannya dianggap biasa-biasa saja, tidak berharga, atau tidak mendapat pengakuan – maka hanya ada sedikit kemungkinan untuk anggota menyalurkan energinya ke dalam organisasi tersebut.

Kita sebagai pemimpin harus belajar untuk membuat setiap tugas yang kita berikan itu akan terasa penting di mata anggota kita. Jika kita kebetulan anggotanya, kita harus mencari langkah untuk mempengaruhi pekerjaan dari organisasi sehingga aktivitas yang kita lakukan berharga di mata kita.
Keep your fire burn!
 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s