3G : Good – God – Go

Sebab Aku ini mengetahui rancangan rancangan apa yang ada pada-Ku mengenai kamu, yaitu rancangan damai sejahtera dan bukan rancangan kecelakaan, untuk memberikan kepadamu hari depan yang penuh harapan, Kitab Yeremia.

Mengapa hidup kita sering kelihatan kurang beruntung? Mengapa tetangga saya lebih sukses, walau pun dia tidak sepandai saya, tidak rajin berdoa dan membaca Firman. Sedangkan saya yang sudah melakukan doa dan membaca Firman hidup dari satu kemalangan ke kemalangan yang lain.

Apa betul demikian saudara?Dari kacamata mana kita melihat kondisi tersebut?
Kalau kita perhatikan kata-kata di atas memang tidak ada rancangan keberhasilan dalam hidup kita. Sebuah rancangan adalah suatu peta, suatu rencana yang disusun dengan rapi. Mana mungkin anda membuat rencana membangun sebuah rumah yang buruk untuk Anda tinggali, pasti anda akan berusaha merencanakan rumah yang indah. Kalau begitu mengapa kita tidak merancang hidup yang indah?

Rancangan hidup setiap manusia selalu indah, karena tiap orang sudah dirancang sejak ia berada dirahim ibunya. Mengapa indah? Karena memang dirancang oleh Pencipta kita. Suatu produk yang indah dan kokoh juga bisa rusak kalau dipergunakan semena – mena. Tiap alat kan ada petunjuk atau cara mempergunakannya. Kita juga diberi kekuatan untuk menjalankan hidup ini menurut petunjuk yang sudah diatur penggunaannya. Kita menjadi rusak dan gagal karena kita salah memakai diri kita yang sudah dirancang sempurna. Kita banyak kebencian, kekuatiran, ketakutan, terlibat hutang, minuman keras yang tidak dircancang dalam hidup kita.

Kita tidak mengambil secara lengkap ayat tersebut di atas, kita membuat rancangan kita, kita tidak menyerahkan rancangan kita kepadaNya. Kalau ada halangan dalam hidup kita bertanya katanya rancanganNya indah. Kita tidak menyimak kalau ada halangan kita seharusnya kembali ke pabrik pembuatnya bukan. Kita bisa direparasi dan diperbaiki disana.

Masalahnya kita tidak berhasil karena tidak mengikuti suatu konsep dasar yang penting yakni 3G : Good God Go

Jadi rancangan yang indah tentu akan menghasilkan suatu good knowledge- good result dan good life. Rancangan produk tentu sudah dipikirkan agar hasilnya dapat menolong manusia untuk hidup lebih baik. Demikian juga rancanganNya bertujuan membawa hidup damai sejahtera.

Sesuatu yang good itu belum cukup, kita hilangkan satu huruf O, maka kata good menjadi God. Rancangan yang baik akan didasari oleh: God knowledge – God result dan God’s life. Kalau Tuhan terlibat dalam kehidupan kita, apalagi yang akan kita peroleh selain hidup yang berpengharapan. Kita tidak perlu takut dan kuatir karena Ia akan membimbing kita ke hidup yang baik.
Kalau sudah baik rancangannya dan di dalam Tuhan, kita tidak mau menjalankannya apa jadinya? Oleh sebab itu kurangi lagi huruf D, dari God sehingga menjadi go. Artinya kita harus bertindak, menjadi Go with knowledge – go to get result – go to enjoy life. Lengkaplah siklus dari kehidupan kita, Alkisah ada seorang anak kecil yang dilahirkan buta. Apakah ini rancangan yang baik? tergantung titik pandang kita, tetapi bagi orang tuanya ia adalah anak terbaik. Mereka tidak mengeluh, bahkan mereka berani berkata anak ini buta merupakan rancangan Tuhan. Mereka menerima, mereka mengasihi dan mereka didik sebaik mungkin. Suatu ketika waktu anak ini mendengar bunyi piano anak ini minta bermain piano dan mencoba memainkannya sejak kecil. Tenyata walau pun buta dia berbakat musik. Dia berlatih dengan bantuan ayahnya, dan bahkan dapat memainkan terompet. Ayahnya selalu mendorong dia di kursi roda, kemana pun ia harus melakukan pertunjukkan keliling Amerika memainkan musiknya. Ayah dan anak ini telah mengikuti rancangan Good – God dan Go.

Apakah kita dapat meniru sikap mereka kalau kondisi kita tidak baik dan berani menerimanya sebagai bagian rancangan yang indah dari Tuhan.. Apakah kita tidak mengeluh? Mengeluh akan menghabiskan banyak energi, sebaiknya kita berikan apa yang dapat saya lakukan dengan baik tanpa menyalahkan siapa – siapa :

1. Selalu berterima kasih
Dalam hidup tidak ada rancangan yang buruk, yang ada kita mempunyai pikiran yang buruk atas suatu rancangan yang indah. Kita mengandalkan kekuatan diri sendiri sehingga seringkali rancangan itu gagal. Di Komputer ada tanda balik arah (back) agar kita dapat kembali mundur. Kita juga harus berbalik arah dalam hidup kita, kalau rancangan kita kebentur batu.

2. Ikuti rancangan dari Tuhan
Kalau anda sudah sadar bahwa rancngan Tuhan itu indah, ikuti saja jalannya. Anda bisa melihat suatu permadani yang indah, setelah jarum keluar masuk di permadani itu. Kalau anda lihat dari bawah kelihatannya buruk, itulah penglihatan kita secara manusia. Kalau kita lihat dari atas indah sekali .. itu penglihatan Tuhan..

3. Keadaan tidak menentukan masa depan kita
Keadaan kita yang kurang baik saat ini tidak akan menentukan masa depan. Namun kalau kita kembali ke rancangan awal itu yang menentukan Kalau kita terjepit jangan menyalahkan keadaan, keadaan tidak menentukan masa depan. Kita kembali saja ke konsep 3 G.

4. Bertindak adalah karya yang indah
Kalau kapal sudah mau tenggelam, kita jangan berpangku tangan, jangan kebanyakan rapat yang harus dilakukan adalah bertindak. Pendiri Apotik K 24 adalah seorang dokter bernama Gideon Hartono. Sebagai seorang dokter suatu malam ia tidak bisa mencari obat yang sangat dibutuhkan, k alau ada apotik yang buka obatnya tidak komplit dan mahal.
Ia melihat celah itu dan membuka apotik K24.yang dibuka 24 jam dan K berart i komlit. Ia menyediakan obat bermutu dengan harga yang wajar. Dengan pengalaman buruk yang dilamainya, ia tidak mengeluh ia justru bertindak. Kini ia memiliki 165 outlet Tagline nya adalah “Pelayanan penting karena sakit dapat dialami seseorang dalam 24 jam, kita harus berada untuk mereka”.
Nah saudara jangan kita mengeluh saja, jangan menyalahkan keadaan suatu rancangan yang tidak jalan. Berdoa, serahkan pada Tuhan dan bertindak maka keberhasilan menjadi milik anda

“Your potential as a human being…is unlimited.
You have within you the ability to become and to achieve anything you want.”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s