HIDUP ANDA BERMAKNA

Saya adalah orang yang percaya kepada keberuntungan,
dan saya temukan bahwa lebih keras saya bekerja,
maka lebih banyak keberuntungan yang saya peroleh

Thomas Jefferson

Banyak orang merasa dirinya tidak berguna, tidak beruntung dalam hidup ini. Mereka mengatakan nasib atau peruntungan mereka buruk. Bahkan kadang-kadang mereka ingin mengambil jalan pintas untuk mengubah nasib mereka. Mereka belum tahu apa artinya hidup ini. Hidup ini sangat bermakna. Hidup ini sangat indah. Anda dilahirkan dalam sebuah rencana yang Tuhan buat sejak Anda masih berada di kandungan ibu. Ketidakberuntungan itu hanya terlihat secara fisik. Namun kalau Anda tahu apa maksudnya secara rohani Anda pasti akan mengucap beribu-ribu terima kasih bahwa ada kesulitan dan halangan. Sebenarnya tidak ada ketidak beruntungan tersebut, hanya Anda tidak ingin meraihnya, Kalau kita dihadapkan dengan berbagai masalah kita merasa Tuhan tidak dekat dengan kita, padahal kelak Anda akan mengetahui bahwa

Tangan Tuhan sedang merenda.
Suatu karya yang agung mulia.
Saatnya “kan tiba
Kaulihat pelangi kasihnya.

Akibat tidak adanya makna dalam hidup baru-baru ini ada seorang bapa membunuh anaknya dan anaknya disuruh membunuh bapanya, masalah karena kekecewaan akibat kehilangan anaknya yang lain.

Mungkin ada yang bertanya kalau hidup bermakna kenapa saya kurang beruntung?
Kenapa saya tidak lahir di keluarga kaya?
Kenapa saya tidak bida berbahasa Inggris, bermain musik?.
Kenapa apa yang saya lakukan selalu gagal?

Orang-orang semacam ini tidak pernah puas dengan apa yang telah dimilikinya. Sering kali kita lupa bahwa hidup ini adalah suatu proses, Mana ada orang lahir langsung mengetahui akan jadi apa dia kelak. Kalau kita semuanya memiliki pengetahuan semacam ini kita tidak perlu stress. Saya pun tidak pernah berpikir akan menjadi inspirator, orang tua hanya rohaniawan, tidak mempunyai uang namun ia menanamkan nilai –nilai kehidupan yang bermakna. Hal inilah yang kelak membuat hidup saya bermakna. Mana terpikir oleh Beethoven akan menjadi komposer tenar di dunia. Apalagi gurunya berkata,”Engkau tidak berbakat komposer” Mana terpikir oleh Thomas Alva Edison menjadi penemu bola lampu. Gurunya berkata,”Engkau terlalu bodoh untuk belajar apa pun.

Mana terpikir oleh Michael Jordan menjadi pemain basket ternama.Waktu di SMA ia dikeluarkan dari tim basket SMA nya. Mana terpikir oleh Sodik orang yang tidak punya kaki (dalam acara Kick
Andy ) bisa menjadi pengusaha krupuk ternama dan berani melamar isterinya yang tidak cacat?

Yang terjadi kita selalu merasa hidup kita lumayan, jarang kita berpikir saya puas dengan hidup saya. Saya puas dengan apa yang saya capai. Walaupun belum mencapai hal spektakuler. Apakah kita mengucap syukur? Kepuasan itu bersifat pelipatgandaan, puas akan membawa kita ke hasil yang lebih tinggi akhirnya menjadi luar biasa.

Apakah kita berharga atau tidak jawaban semuanya ada di pikiran kita. Kalau kita berpikir kita dilahirkan Tuhan dengan makna, kita pasti bermakna. Kalau keadaan kita belum seperti yang kita pikirkan, kita dapat berdoa dan Tuhan dapat mengubah kehidupan kita. Segala sesuatu yang terjadi bukanlah karena nasib, tetapi karena pola pikir kita yang mengatakan tidak bisa, tidak berbakat, bodoh, miskin sakit-sakitan dan entah alasan apa lain.

Kita harus berani mengubahnya :

1. Diri Anda berharga
Anda adalah mahluk ciptaan paling sempurna di muka bumi ini. Tidak ada mahluk yang selengkap manusia yang mempunyai tubuh, roh, dan jiwa. Mengapa kita tidak mempergunakannya secara maksimum. Melihat setiap peluang, karena peluang sekecil apa pun adalah tetap peluang. Sebelum anda mencoba meraihnya anda belum kehilangan peluang.

Sun Tzu ahli perang Tiongkok berkata, ”Keberhasilan tergantung pada keberanian untuk bertindak, dan keberanian membutuhkan suatu level iman bahwa tiap kesempatan yang diraih akan membawa kita ke arah melayani belajar dan bertumbuh lebih baik dan akhirnya mancapat hasil”

2. Jangan mau dinilai buruk
Jangan membiarkan orang menilai buruk anda, karena kita diciptakan menurut peta dan teladan Tuhan, mana mungkin anda diciptakan secara buruk. Kita adalah mahluk tertinggi yang sudah dirancang dengan sebuah cetak biru Tuhan. Kalau ada orang menjelekkan anda, anda terima tetapi jangan ambil dihati. Alkisah suatu ketika ada penjual balpoint dijalan yang didatangi seorang pengusaha. Pengusaha itu mengeluh ” Harga ballpoint kamu koq lebih mahal dari di toko”.Dengan tenang ia menjawab, ”Maaf pa saya tidak menjual ballpoint, tetapi kami menjual kesuksesan. Saat bapa tanda tangan dengan ballpoint ini kan bapa akan dapat kontrak”. Penjual ini tidak mau dinilai buruk, ia percaya diri.

3. Semua melalui pelatihan.
Perubahan dapat terjadi melalui pelatihan. Tiger Wood berubah setelah memukul bola seribu kali tiap hari, ia menjadi juara dunia. Sebuah pisau tidak akan tajam bila tidak digodok terus menerus. Demikian juga dengan diri kita, kita harus terus mengasah diri kita..

4. Percaya dan mampu
Anda harus yakin diri bahwa anda mampu mencapai hidup bermakna. Ada pepatah berkata, ”Kita tidak dapat membuat otak kita capai untuk berkreasi, karena kita tidak mempergunakannya” Manusia seringkali baru mempergunakan 5% dari kemampuannya. Mereka tidak sadar bahwa kemampuan mereka itu luar biasa. Kreativitas dapat muncul dalam 12 detik saja, namun hidup dengan mebuang waktu secara sia – sia, seperti si pungguk merindaukan bulan.

5. Lakukan yang terbaik
Apa pun yang Anda kerjakan, kerjakanlah dengan sungguh-sungguh, Jangan mau menjadi orang biasa-biasa saja. Ada pepatah berkata, “Kerjakanlah pekerjaanmu seperti hari ini adalah hari terakhir dalam hidupmu. Kejarlah menjadi orang yang excellent, artinya yang mengejar sesuatu yang tertinggi. Kalau kita tidak mencapainya namun sudah berusaha sekerasnya kita tidak akan kecewa.

Hidup ini seperti bumerang. Lebih banyak hal baik yang anda lemparkan,
maka lebih banyak kebaikan anda terima sebagi balasannya
Josh S.Hinds

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s