PERLUAS WILAYAH

Jika aku bisa melihat lebih jauh, itu karena aku berdiri di atas bahu raksasa” Sir Isaac Newton

Banyak manusia senang hidup begini – begini saja. Mereka merasa nyaman, tetapi terus mengeluh setiap hari. Apalagi kalau siklus hidup manusia akan berakhir dengan kematian, ngapain repot-repot. Hati-hati mengeluh itu adalah bagian dari stress yang ujung-ujungnya adalah sakit jantung. Orang-orang yang mengeluh itu selalu berprinsip kekurangan itu tidak enak, tetapi untuk mendapat kelebihan sulit dicari. Akhirnya yang di dapat adalah stress.

Sebenarnya hidup manusia bukan diukur dari panjangnya hidup tetapi bagaimana dia mengisi kehidupan ini sampai diujungnya. Gajah mati meninggalkan gading, harimau mati meninggalkan belang, Betapa indahnya kalau hidup kita menjadi berarti bagi banyak manusia di sekeliling kita. Mungkin kita tidak meninggalkan harta benda banyak, tetapi meninggalkan kebajikan yang banyak itu suatu perbuatan mulia.

Kita perlu melihat jauh, seperti Columbus pergi mencapai benua Amerika pada tahun 1492. Ia seorang yang lahir di Genoa, Italia lalu pergi ke Spanyol. Dengan bantuan ratu Isabella 1 dari Castille ia mendapat bantuan keuangan dan berhasil menemukan benua Amerika dan membuktikan teori bahwa bumi itu bulat.. Kita perlu juga memperluas hidup kita. Mengapa kita perlu memperluas wilayah kehidupan? Karena kita akan melihat hal-hal baru yang menantang, Kita akan meningkatkan keahlian kita, dan nantinya tidak menjadi azheimer atau pikun.

Untuk menjadi ahli kita perlu jam terbang. Malcolm Gladwell dalam bukunya “The Outliers “ berkata untuk menjadi ahli kita perlu jam terbang paling sedikit 10.000 jam Bill Gates, The Beatles adalah dua contoh yang ditulis dalam buku itu, Mereka menjadi ahli setelah melakukan hal yang sama berulang –ulang. Bill Gates berada di laboratorium komputer jaman dulu yang besarnya sekamar setiap hari, Kadang-kadang tidak pulang dan akhirnya menjadi ahli software. The Beatles main musik di klub tidak terkenal di Hamburg sebagai pemula terus menerus akhirnya mencapai kejayaaan setelah melampaui angka 10.000 jam

Outlier ini adalah suatu istilah ilmiah yang menggambarkan suatu kejadian di luar kebiasaan, Misalnya dalam musim panas ini tiba-tiba turun hujan lebat, Demikian juga dengan orang yang luar biasa,yang tidak seperti manusia standar yang biasa-biasa, mereka melakukan hal yang luar biasa, mereka lah yang dimaksud dengan outlier. Anda pun bisa menjadi outliers kalau anda mau memperluas keahlian anda. Orang yang berani memperluas horizon kehidupannya akan menjadi menjadi luar biasa. Pada saat kita memperluasnya kita akan menemukan hal-hal dan pengalaman baru.

Ada sebuah ayat Alkitab berkata,”Lapangkanlah tempat kemahmu, dan bentangkanlah tenda tempat kediamanmu, janganlah menghematnya; panjangkanlah tali-tali kemahmu dan pancangkanlah kokoh-kokoh patok-patokmu,”

Kita harus seperti katak yang keluar dari sumur dan melihat kolam. Ternyata ada dunia yang lebih besar selain sumur. Kemudian dari kolam keluar melihat danau, Ternuyata da dunia yang lebih besar lagi. Dari danau berenang lagi dan melihat laut. Di luar sana kalau kita mau melihat keluar, selalu ada sesuatu yang lebih hebat, Dalam kehidupan ini juga demikian selalu ada yang lebih hebat dari kita. Kita perlu berani menempuhnya. Kita dianjurkan untuk memperluas keahlian, pekerjaan dan pelayanan kita. Jangan dihemat. Jangan diam menunggu kematian saja. Berbuat sesuatu, bukan untuk menumpuk kekayaan, tetapi untuk orang lain. Lingkungan kita, dunia ini.. Tinggalkanlah suatu warisan yang dikenang orang yang berada di sekeliling kita, Keluar dari kotak anda.

1. Perluas jaringan
Kita harus keluar dari kotak kehidupan yang itu-itu saja. Kita perlu memperluas jaringan dalam hidup ini. Kalau anda memiliki jaringan yang luas, anda memiliki peluang yang luas dan tidak terbatas dan akan memiliki kehidupan yang lebih baik. Kalau anda mau kerja keras, katanya “the sky is the limit”

2. Jadi outliers
Kita harus berani orang yang unik, yang berbeda dengan yang biasa. Berani berbeda, berani berkorban waktu, berani membayar harga. Kita harus bekerja di satu bidang selama 10,000 jam sampai kita menjadi ahli. Jangan cepat bosan atau merasa tidak bisa. Anda belum bisa, karena jam terbang belum cukup. Kalau kita memberikan 100%, atas usaha kita. kita akan mendapatkan kembali 100%. Kalau anda menahan-nahan apa yang Anda kuasai, Anda juga tidak akan mencapai hasil yang maksimal.

3. Cari hobby/keahlian baru
Mungkin anda sudah mentok di suatu bidang, kalau demikian cari hobby atau keahlian baru. Anda mungkin belum menggali keahlian itu, mungkin dia masih terpendam. Galilah makan Anda akan menemukan air kalau anda menggali cukup dalam. Anda akan menemukan bakat baru kalau anda mengasah cukup sering.

4. Nikmati perjalanan
Dalam menempuh perjalanan jangan cepat bosan atau putus asa. Nikmatilah proses pembentukan diri kita dalam perjalanan ini, Perjalanan hidup ini tidak ada ujungnya sampai kita menghadap sang Pencipta. Dalam memperluas wilayah kita nikmati saja. Suatu perjalanan pasti ada gunung dan ada lembah. Tidak ada perjalanan yang menuju puncak terus menurus, karena sekali kita mencapai puncak kan harus turun juga..
Saya sendiri sangat menikmati perjalanan ke berbagai tempat.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s