Bersinar Setelah Menderita

Sebetulnya kita terus dihadapkan pada kesempatan-kesempatan yang baik yang tampak bagi kita sebagai masalah-masalah yang tak dapat diselesaikan.

Barangkali judul ini menggambarkan perjuangan dari suatu kehidupan, dimana kita seringkali hanya melihat dari sisi yang buruk suatu masalah yang kita hadapi dalam hidup ini. Kita seringkali tidak bisa menerima masalah atau tidak tahu bagaimana cara menghadapinya. Kita sering bertanya ,”Why me Lord?” Masalah biasanya membuat kita kecewa, putus asa, mengeluh dan kehilangan semangat.

Banyak orang bertanya kepada saya, “Apakah bapa punya kesulitan juga? Kalau ada bagaimana bapa keluar dari kesulitan tersebut.? Jelas saya pun menghadapi banyak kesulitan, karena itulah bagian dari dinamika hidup. Dalam suatu seminar di akhir bulan Juli ada lagi pertanyaan,”Pada saat kesulitan datang, ada orang yang merasa tertantang/tidak mudah menyerah, tetapi ada juga yang mudah putus asa. Kira-kira apa yang membuat mereka berbeda dalam menanggapi kesulitan tersebut ?”

Jelas setiap orang yang berjuang mengatasi kesulitan dan tantangan adalah gambaran dari sebuah mutiara yang bersinar indah sebagai hasil perjuangan atas penderitaan yang dialami. Pada saat adanya gangguan masuk ke dalam kerang ia mengalurkan lapisan mutiara untuk membungkus gangguan tersebut. Seorang penggemar acara in pa Vicky berkata, ”Kerang menghasilkan mutiara karena mereka melawan penderitaan yang dialami”. Betul sekali apa yang dikatakan pa Vicky ini suatu keindahan terjadi setelah mengalami pergumulan yang luar biasa.

Mutiara ini perlu berjuang, memakan waktu untuk memiliki sinar sejati atau genuine yang indah luar biasa. Mutiara itu dibentuk di dalam kerang sebagai suatu alat pelindung dari ancaman gangguan seperti parasit di dalam kerang tersebut. Kerang itu menghasilkan mutiara untuk menutupi gangguan yang ada…

Namun kini banyak orang yang membudidayakannya untuk mempercepat hasil suatu yang bersifat alami. Kini dari alam dibudidayakan secara hatchery yaitu semacam peternakan mutiara.

Namun apa yang alami hasilnya jauh lebih baik, lebih indah, lebih bersinar, karena ia dihasilkan melalui suatu proses yang panjang, Keindahan sebuah mutiara dilihat dari ukurannya, bundarnya, ilusi daya pantulnya, permukaan yang tidak cacat dan warna yang indah.

Pertanyaannya kenapa kita harus menderita dalam hidup? Kenapa kita harus menghadapi kesulitan? Kesulitan itu harus kita lalui agar kita menjadi dewasa dan bijaksana. Kedewasaan dan kebijaksanaan adalah suatu perjalanan hidup yang panjang dan alami. Orang mengalami kesulitan itu alami, tetapi hasil dari kemenangan atas kesulitan itu yang tidak dapat dilupakan dan telah berubah menjadi karakter. Karekater ini akan memberi warna yang indah dari dalam diri kita, memberi warna yang cemerlang, mempunyai daya pantul yang luar biasa. Orang yang berada dekat orang ini akan mendapat aura positif yang menular.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s