Karakter : Penuh perhatian

Defenisi : Menunjukkan penghargaan pada seseorang dengan jalan memberikan perhatian penuh pada apa yang dilakukannya
Pertemuan : 2
Hari/tanggal : Senin, 10 Agustus 2009

Pokok bahasan :
Perhatian penuh terhadap teman/sahabat di sekolah

Tujuan :
Setiap murid diharapkan dapat memperhatikan teman/sahabatnya di sekolah

Pembahasan materi : I Samuel 18:1-4

Tatkala Daud dan Yonatan membuat perjanjian persahabatan (1Samuel 18:1-4), keduanya tidak tahu apa yang akan dilakukan Yonatan kelak untuk menunjukkan perhatiannya kepada Daud. Namun, itu tidak menjadi masalah. Kemudian, dengan gagah berani Yonatan bertindak untuk menyelamatkan hidup Daud (20:1-23). Jika kita menjalin persahabatan, kita juga akan rindu menunjukkan perhatian melalui tindakan. Susunan kata PER-HA-TI-AN berikut ini akan membantu kita mengingat empat unsur penting dalam persahabatan.
PERnahkah Anda meminta sahabat Anda untuk bertumbuh secara rohani? Seorang sahabat yang baik tahu pentingnya membicarakan masalah iman.
HAngatkan persahabatan Anda dengan mengatakan betapa ia berharga bagi Anda. Dengan menelepon atau memberinya catatan kecil, sahabat Anda tahu betapa berarti dirinya sehingga itu akan memperkuat persahabatan Anda.
TIdak menyepelekan perasaan dan keinginan seorang sahabat sangatlah penting. Tak seorang pun menghendaki seorang sahabat yang tidak dapat menghargai dan mendengarkan ide, harapan, dan masalahnya. Teman yang baik adalah pendengar yang baik.
ANda dapat memberikan pujian atau melakukan sesuatu yang baik untuk mendorong semangat seorang sahabat. Dengan demikian ia akan merasa senang apabila dekat dengan Anda. Adakah seorang sahabat yang harus Anda perhatikan hari ini?

Aktivitas/tugas :
Sikap perhatian terhadap teman dapat dikembangkan melalui aktivitas yang membuat setiap anak mulai belajar untuk memperhatikan teman-temannya. Aktivitas ini dinamakan “ TEBAK MIMIK “

Cara memainkan :
1. Minta semua anak untuk membentuk kelompok berdasarkan urutan shap meja.
2. Kemudian mintalah satu orang dari antara semua anak untuk menjadi pelaku mimik wajah ( si peraga tidak boleh mengeluarkan suara, hanya boleh melalui gerakan ). Guru kemudian memberikan petunjuk mengenai mimik wajah apa saja yang harus diperagakan oleh anak tersebut.
3. Sedangkan semua kelompok harus menebak dengan tepat mimik wajah apa yang diperagakan oleh anak tersebut.
————-
Contoh mimik wajah :
Sedang sakit perut; Sedang dimarahi oleh guru; Merasa bersalah; Berbohong; Sedang panik;
Menertawai teman; Sedang tidak mau diganggu; Tidak punya teman; Mengantuk di kelas; Dapat hadiah; Sedang ujian kelas; dsb.
————— ( ket : guru boleh menambahkan sendiri sesuai kebutuhan )

Target pencapaian karater 1 minggu :
1. Memperhatikan teman/sahabat kita untuk 1 minggu ini
2. Tidak berusaha mencari perhatian bagi diri sendiri ( tidak memotong atau menyela pembicaraan, mengacungkan tangan sebelum bertanya, katakan “ permisi “ ketika ingin menyela pembicaraan )

2 thoughts on “Karakter : Penuh perhatian

  1. Trma kasih ya atas materi yang di sajikan dan saya sangat terbantu sekali untuk membantu mengajar cb , Tuhan Yesus Memberkati ok….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s