TO BE PRESENT!

Gabriel Marcel pernah menulis bahwa “ hadir “ lebih berarti
daripada “ ada “.

Anda bisa ber ”ada” di mana-mana, Anda bisa berada di rumah teman, di rumah-rumah ibadah, di ruang perkuliahan, di rumah orang tua, di tempat pemakaman, dsb. Tetapi, hanya sekedar “ada” saja, tidak membawa sebuah perubahan, tidak memberi sebuah sentuhan. Anda hanya sekedar “ada” dan tidak ada hasrat untuk menjadi lebih dari sekedar “ada” saja.

Tetapi “hadir” dapat lebih berarti daripada sekedar “ada” saja. Dengan hasrat untuk hadir, berarti kita telah belajar untuk meninggalkan keegoisan, keutamaan diri kita untuk memberi sesuatu kepada orang lain dalam kehadiran kita. Dengan kehadiran, kita dapat membuat orang lain lebih hidup, hanya karena kita hadir di sampingnya dan itu merubah konsep dasar menjadi apa yang disebut dengan “kita.“

“kita“ berarti ada persamaan pergumulan, ada persamaan perasaan, ada hasrat yang sama untuk merubah sesuatu. Itulah mengapa “hadir” sangat penting dalam sebuah kehidupan. Hari Valentine dirayakan pada bulan February, namun bulan itu bukanlah satu-satunya momen dimana dua hati bisa bertemu. Camkanlah itu baik-baik.

Simpanlah momen kehadiran kita dalam rekening persahabatan, rekening pertemanan, rekening persaudaraan. Sentuhlah peristiwa-peristiwa setiap hari dengan sentuhan “hadir”nya kita. Dan usahakanlah terjadi sebuah perubahan, itu yang membuat kenapa kita berarti lebih dari sekedar “ada.”

Wuiiih… be present oke!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s