SENI MENDENGARKAN

Saya punya teman yang senang sekali berbicara, sampai pada satu kondisi dimana saya menilai kalau anak ini ” Terlalu banyak bicara ” sehingga orang-orang merasa jengah dengan pembicaraan, pemikiran, serta pendapat2nya yang ngak masuk akal, kacau dan ngak kadang-kadang ngak rasional. So his nickname ” Mr. always talk ”

Orang-orang sukses mendorong orang lain berbicara dan terus berbicara sementara mereka tetap menutup mulut mereka. Kalau anda bisa membuat orang lain cukup banyak berbicara, mereka tidak bisa menyembunyikan perasaan atau maksud mereka yang sebenarnya.
Jadi, kalau anda tidak ingin orang lain mengetahui apa yang sebenarnya terdapat dalam pikiran anda, tutuplah mulut anda dan dengarkan.

Mendengarkan juga membutuhkan seni, sama seperti seni-seni yang lain. Perhatikan apa saja yang harus anda lakukan ketika mendengarkan :

1. Pandanglah orang yang sedang berbicara. Orang yang layak didengarkan juga layak untuk dilihat. Dengan memandang orang tersebut itu membantu anda untuk berkonsentrasi pada apa yang dikatakannya.

2. Tunjukkan minat anda yang mendalam. Kalau anda setuju, anggukkan kepala anda. Kalau mereka menceritakan sebuah kisah, tersenyumlah. Bereaksilah terhadap suasana hati mereka.

3. Condongkanlah badan anda ke arah orang itu. Pernahkah anda memperhatikan bagaimana anda cenderung mencondongkan badan ke arah pembicara yang menarik dan menjauhkan badan dari orang yang membosankan ?

4. Ajukanlah pertanyaan. Ini akan memberi tahu orang yang sedang berbicara bahwa anda masih mendengarkan.

5. Jangan menyela, sebaliknya mintalah orang lain berbicara lebih banyak. Orang akan merasa tersanjung kalau anda membiarkannya menyelesaikan pembicaraan tanpa interupsi. Tetapi, mereka benar-benar merasa tersanjung ketika anda membuatnya berbicara lebih lama dengan : Keberatankah anda menjelaskan hal terakhir dengan lebih rinci ?

6. Tetaplah pada topik si pembicara. Janganlah mengubah topik, tidak peduli betapa inginnya anda membicarakan topik lain.

7. Gunakanlah kata-kata dari pembicara untuk menyampaikan maksud anda. Ini membuat si pembicara mengerti bahwa anda sangat menghargai pemilihan kata yang ia gunakan.

Dengan melakukan seni mendengarkan ini, maka akan membuat anda menjadi orang yang sukses dalam pendekatan personal maupun ketika melalukan deal dengan orang lain.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s