Anda Berlimpah Ide

“Ilham datang dari kerja setiap hari.”
Charles Pierre Baudelaire
(penyair Perancis)

Sebagai penulis pemula, saya sering menemukan dua situasi cukup unik saat berbincang dengan narasumber, murid-murid, maupun rekan-rekan seprofesi. Situasi pertama, ada di antara mereka yang ingin sekali menulis buku, tapi merasa tidak memiliki ide tema menarik yang menurut mereka layak ditulis. Situasi kedua, ada beberapa orang yang dengan lincahnya mampu menambang ide tema buku yang menarik, namun mereka tak pernah beranjak untuk mewujudkannya menjadi buku. Yang pertama merasa seolah blank, tidak tahu tema apa yang sebaiknya mereka garap. Sementara yang kedua lebih dipenuhi oleh keragu-raguan.

Saya sendiri percaya, bahwa yang namanya ilham, inspirasi, atau ide-ide menarik itu berlimpah adanya. Kadang semua hal tadi seolah seperti ladang di sekeliling kita yang siap dipanen oleh siapa saja. Bahkan dengan sedikit dipancing melalui pertanyaan saja, maka tampak sekali kalau kebanyakan dari kita itu berlimpah ide. Persoalannya, sering kita sudah cukup puas dan bangga jika punya ide. Padahal, keberanian dan hasrat 100% untuk mewujudkan ide-ide adalah kata kuncinya. Ini berlaku pada proses kreatif menulis buku.

Tak terbantahkan, kamar mandi adalah sumber ide. Anda barangkali juga sering mengalami mendapat ide-ide segar di sini, misalnya saat gosok gigi, saat keramas, saat menikmati guyuran air di kepala, saat bersenandung, saat berendam di bak mandi atau bersantai dengan pelampung di kolam renang. Yang lain barangkali pernah menemukan eureka! saat meditasi, saat menikmati perjalanan, melihat pemandangan alam, menikmati musik, film, karya seni, acara televisi, saat berselancar di internet, berdiskusi, brainstorming, bercanda dengan teman, atau saat mengamati sesuatu yang menarik perhatian.

Yang unik, dan saya berulang kali mengalami hal ini, ide-ide bagus bahkan bisa muncul saat seseorang sedang konsentrasi bekerja. Inilah situasi yang oleh Profesor Mihaly Csikszentmihalyi, pengarang buku Creativity – Flow and the Psychology of Discovery and Invention, digambarkan sebagai keadaan flow atau sedang mengalir. Dalam situasi ini, kita biasanya sedang asyik-asyiknya mengerjakan sesuatu dengan sepenuh hati. Lalu ide-ide tertentu mendadak muncul tanpa kita mengundangnya. Sekelebat, tapi sering memikat perhatian, sehingga kita seperti sedang mengalami jeda sejenak, terhanyut oleh kilasan inspirasi yang masih berbentuk khayalan.

Pada situasi flow ini, inspirasi atau gagasan bisa mengalir begitu derasnya. Jika berhasil mempertahankan keadaan ini, terkadang ide yang didapat bisa komplit dan detail. Kalau kita sedang bagus mood-nya, tubuh segar bugar, antusiasme tinggi, dan apa yang dikerjakan itu membuat kita senang melakukannya, menarik perhatian kita, maka kita pun akan mudah sekali mencapai flow.

Yang menarik, disadari atau tidak, umumnya kita pernah atau bahkan sering mengalami kondisi flow. Bahkan saya sendiri sering mengalami situasi-situasi yang agak unik. Tahukah anda, ide artikel semua mengalir begitu saja ketika kita mulai menulis.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s