Mohon Maaf

Orang yang berani minta maaf, menunjukkan kebesaran jiwanya

Orang Indonesia mempunyai budaya yang sopan sekali. Kalau orang meminta sesuatu kepada kita mereka memakai kalimat mohon maaf. Sebenarnya tidak ada hal yang perlu dimaafkan. Sering murid saya memberi sms, ”Mohon maaf Mr, hari ini Mr ke ngajar?” Saya suka tergelitik dengan sms semacam ini karena apa hubungannya saya ngajar dengan mohon maaf. Jelas tidak ada, atau mohon maaf boleh “saya bertanya mengenai …..”, Itu hanya merupakan bahasa halus.

Yang parah mohon maaf wc ini rusak, namun kapan dibetulin. Mohon maaf untuk tidak disalahkan karena tidak berusaha memperbaiki yang rusak. Yang pasti kalau saat lebaran kita mohon maaf lahir dan batin, yang kalau dijalankan dengan sungguh-sungguh tidak perlu ada kekisruhan dunia politik.

Kalau kita memang berbuat salah, kita baru meminta maaf, tetapi justru kalau kita salah sulit untuk mohon maaf. Kalau kita harus meminta maaf karena suatu kesalahan akan terasa sangat berat. Kenapa?, karena kalau kita minta maaf kita seolah-olah merendahkan diri kita,

Jangan salah saudara kalau kita minta maaf atas kesalahan kita, hal itu menunjukkan kita berjiwa seorang “gentleman”, orang yang berani bertanggung jawab, Tidak ada hal yang melarang kita berbuat salah kecuali dengan kita melakukannya dengan sengaja.

Mohon maaf bukan bertujuan untuk merendahkan martabat seseorang, tetapi sebaliknya, Memang sangat sulit orang untuk mengatakan minta maaf, Apalagi pada orang dekatnya, atau kalau seseorang tinggi kedudukannya . Kapan anda terakhir kali mendengar kata minta maaf dari seorang berkedudukan tinggi.

Masalahnya minta maaf yang sesungguhnya adalah sesuatu yang sulit keluar dari mulut kita. Orang lebih akan berkelit daripada meminta maaf kalau ada kesalahan. Kita lebih senang membela diri daripada mengakui kalau kita bersalah. Biasanya orang baru mau mengaku dan minta maaf, kalau ia sudah terdesak.

Kasus penting secara politik tidak pernah terungkap, karena siapa yang harus minta maaf dan dihukum. Manusia sering hanya melihat dari sisinya ,, Saya akan menderita malu kalau saya minta maaf. Tidak melihat dari orang yang menderita akibat perbuatannya. Kasus politik yang mencuat adalah kasus Presiden Fernando Lugo dari Paraguay.. Seorang uskup Katolik, yang setelah menjadi Presiden diklaim 3 wanita adalah isterinya dan memiliki anak-anak dari mereka. Tanggal 24 April yang lalu Dia lalu minta maaf pada rakyat, gereja dan negara yang telah memilihnya jadi Presiden. Hanya skandal seks tidak membuat presiden harus mundur, kecuali rakyat yang kecewa, “Siapa lagi yang harus Anda percaya jika seorang uskup tidak dapat dipercaya?

Ada kata-kata maaf yang bersifat menghibur, banyak kata seperti maaf, saya menyesal kamu kehilangan saudaramu, saya juga prihatin mendengar kamu sakit saya prhatin kegagalan anda. Kita mempunyai empati pada orang yang mengalami kesulitan. Ini sangat meringankan orang yang mendengarnya.

Ada juga kata mohon maaf tidak bisa hadir ke pernikahan atau rapat ini, minta maaf untuk halangan yang ada, Hidup ini penuh kejadian bagus sekali kalau kita bisa katakan maaf, Mohon maaf adalah suatu sentuhan kesembuhan bagi orang yang terluka atau kita lukai. Seharusnya kita juga jangan lupa berkata,” Mohon maaf untuk pengorbananmu, saya tidak dapat mengganti darah yang telah kau cucurkan. Kini saya mau bertobat dan mengikutiMu, Yesus ”

Hidup ini penuh dengan peristiwa dimana kata maafkan saya dapat sangat berkekuatan. Menggunakan dua kata ini memang kadang-kadang sulit, tetapi berharga untuk mengambil risiko dan memperkaya hidup kita. Mempergunakannya akan menjadi kebiasaan yang positif.

Kita dapat membina hubungan yang harusnya bisa hancur dengan kata mohon maaf.

Helan Keller seorang pejuang hak azasi untuk orang buta dan tuna rungu, karena penderitaannya sejak kecil ia menjadi anak liar, Ia melampiaskan perasaanya lewat pukulan dan serangan yang tak terkendali, dan ia makin menjadi-jadi karena tidak dapat disiplinkan, Pilihannya hanya memasukkannya ke rumah sakit jiwa, Sampai akhirnya ia bertemu Annie Sullivan yang dapat memaafkan perbuatan Helen, tetapi dengan kelembutan, tetapi justru dengan mendisplinkannya. Perjuangan Annie tidak mudah, baru 2 minggu ia sudah kehilangan dua gigi depannya, Annie mengajarkan bahasa isyarat, Ia belajar bahasa dengan cepat. Helen tidak mau disebut tidak berdaya dan lemah, “Saya bersyukur atas ketidak sempurnaan ini, karena melalui hal ini saya teleh menemukan diri, pekerjan dan Tuhan saya. Ia akhirnya menjdi orang terkenal, dan akhirnya berhasil sekolah di Radclifffe, sebuah sekolah ternama, Karena ada sorang yang mau menerimanya dan memafkan perbuatannya, malah dengan penuh kasih mendidknya ia menjadi orang luar biasa. Ia berkata ”Kehidupan adalah petualangan yang gagah berani atau bukan apa-apa”.

Masalahnya mudah atau tidak mengucapkan kata mohon maaf yang tulus dari dalam hati. Marilah kita mohon maaf pada orang yang terluka karena perbuatan kita dan memaafkan orang yang telah melukai hati kita. Dunia yang penuh kata maaf yang tulus akan menjadi dunia yang penuh cinta kasih.

Dengan mohon maaf dan memaafkan orang,
kita dapat membuat perubahan dalam hidup orang itu.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s