PROJECT CHRISTIAN EDUCATION FOR 2009/2010

PROJECT CHRISTIAN EDUCATION FOR 2009/2010

Latar belakang :
Tahun depan Sekolah kami untuk yang SMA akan mulai di akreditasi, karena itu saya berusaha menyelesaikan proyek Agama Kristen ini sehingga bisa digunakan secepatnya pada tahun 2009/2010.

KISI-KISI PELAJARAN AGAMA KRISTEN

I. ISI
Memahami Firman Tuhan bukan hanya menyerap inti pengajaran moral ataupun doktrin-doktrin kepercayaan yang tersirat atau tersurat di dalamnya, tapi juga mengerti banyak hal yang berhubungan dengan sejarah, adat-istiadat, kebiasaan dan tata-cara yang dilakukan oleh bangsa Israel sejak dari jaman penulisan kitab-kitab Perjanjian Lama hingga kitab-kitab Perjanjian Baru. Misalnya: Siapakah sebenarnya yang menuliskan kelima kitab Taurat? Apakah kisah Penciptaan adalah yang paling benar dan apa kaitannya dengan evolusi? Mengapa Tuhan sebentar menghukum tapi kemudian juga menolong, seolah tidak konsisiten? Mengapa Saul sangat membenci Daud? Mengapa Raja-raja di wiliayah Utara bukan keturunan Daud? Mengapa orang Israel sangat suka menyembah dewa “anak lembu”? dan masih banyak lainnya.

Bahkan perlu ditambahkankan dengan sejarah di luar Alkitab yang ikut berperan terhadap kisah-kisah yang ada di dalam Alkitab (seperti: apakah sesudah Perjanjian Lama, langsung diikuti oleh Perjanjian Baru, dari keturunan manakah dinasti Herodes? Siapakah sebenarnya orang Farisi dan Saduki? Mengapa ada hari Penyucian Bait Suci? Dan sebagainya)

Masih ada pula mengenai sejarah penerimaan Alkitab sebagai kanon orang Kristen dan sejarah Gereja setidaknya hingga Reformasi Martin Luther. Bila memang dianggap perlu bisa ditambah dengan memahami beberapa ajaran sesat dari keKristenan yang hari ini marak bermunculan.

II. Tujuan
Pengajaran dalam bidang ini dimaksudkan untuk :
1. Menambah wawasan seorang siswa untuk mengerti bahwa Alkitab bukan buku suci yang dikeramatkan tapi adalah sebuah buku yang sangat menarik untuk dipelajari dari berbagai segi ilmu pengetahuan, meskipun Alkitab bukan text-book salah satu disiplin ilmu.
2. Menggairahkan siswa untuk lebih mengerti tentang isi Alkitab melalui pemahaman mereka terhadap situasi jaman Alkitab yang membuat mereka didorong untuk mengagumi Allah sebagai pengarang tunggal Alkitab dan tokoh-tokoh iman yang patut diteladani.
3. Mengajak siswa untuk berani mengambil tekad/komitmen melalui pemahaman mereka yang di dapat dari pengetahuan melalui kelas ini.

III. Pembagian
Diharapkan bahwa dalam 6 tahun, seorang siswa mendapatkan pelajaran-pelajaran yang disusun bertahap seperti demikian :

1. Grade 7: Kukenal Allah Penciptaku

Penjelasan: Dalam dua semester ini diharapkan siswa memahami tentang kelima kitab Musa yang menjadi dasar bagi pemahaman tentang iman Kristiani. Para siswa akan mulai diajak memperhatikan banyak hal yang berkenaan dengan diri Allah sebagai Pencipta dan peran kita sebagai ciptaanNya.

a. Semester Ganjil
Pelajaran Ke-1 — Nama Allah
Pelajaran Ke-2 — Jelas Beda (Perbandingan dengan Evolusi)
Pelajaran Ke-3 — Hari Pertama & Kedua
Pelajaran Ke-4 — Hari Ketiga & Keempat
Pelajaran Ke-5 — Hari Kelima & Keenam
Pelajaran Ke-6 — Manusia (dalam hubungan dengan Allah)
Pelajaran Ke-7 — Manusia (dalam hubungan dengan sesama)
Pelajaran Ke-8 — Mitos atau Fakta? (Kasus Manusia Pertama)
Pelajaran Ke-9 — Modern atau Purba? (Kasus Menara Babel)
Pelajaran Ke-10 — Mengapa Abraham?
Pelajaran Ke-11 — Mengapa Palestina?
Pelajaran Ke-12 — Koq Dihukum? (Kasus Sodom & Gomora)
Pelajaran Ke-13 — Koq Diminta? (Kasus Ishak Dipersembahkan)
Pelajaran Ke-14 — Koq Berdusta? (Kasus Yakub & Esau)
Pelajaran Ke-15 — Bolehkah Poligami?
Pelajaran Ke-16 — Terpuruk dalam Nista
Pelajaran Ke-17 — Mungkinkah Mengampuni?

b. Semester Genap
Pelajaran Ke-1— Mengenal Mesir
Pelajaran Ke-2 — Mengapa Musa?
Pelajaran Ke-3 — Koq Lama? (Kasus Israel di padang belantara)
Pelajaran Ke-4 — Mari Berhitung.
Pelajaran Ke-5 — Hidup Bersama
Pelajaran Ke-6 — Kepemimpinan
Pelajaran Ke-7 — Mengguncang Tahta (Kasus Korah cs)
Pelajaran Ke-8 — Sepuluh Perintah Allah (seri 1)
Pelajaran Ke-9 — Sepuluh Perintah Allah (seri 2)
Pelajaran Ke-10 — Sucinya Tugas
Pelajaran Ke-11 — Kudusnya Hidup
Pelajaran Ke-12 — Tertibnya Masyarakat
Pelajaran Ke-13 — Yang Terpilih (kasus Yosua).
Pelajaran Ke-14 — Harga Yang Mahal (Kasus Musa)
Pelajaran Ke-15 — Membangun Kemah (Persembahan)
Pelajaran Ke-16 — Memperindah BaitNya (Keahlian)
Pelajaran Ke-17 — Serupa Tapi Tak Sama

2. Kelas 8: Kusanjung Allah Perjanjianku

Penjelasan: Diharapkan para siswa memahami arti Perjanjian sebenarnya yang diikat antara Allah dan manusia dan bagaimana tuntutan isi perjanjian itu dilaksanakan oleh ke dua belah pihak sehingga melalui hal ini para siswa akan lebih memahami bahwa hidup yang menghasilkan kebajikan bukanlah sebuah paksaan tapi kerelaan karena adanya ikatan suci.

a. Semester Ganjil
Pelajaran Ke-1— Apakah Perjanjian?
Pelajaran Ke-2 — Gunanya Taat
Pelajaran Ke-3 — Manfaat Hukuman
Pelajaran Ke-4 — Si Kidal Yang Handal (kisah Ehud)
Pelajaran Ke-5 — Si Pemalu Yang Menghancurkan (Kisah Gideon)
Pelajaran Ke-6 — Si Lemah Yang Diperhitungkan (Kisah Deborah & Yael)
Pelajaran Ke-7 — Si Perkasa Yang Lemah (Kisah Simson)
Pelajaran Ke-8 — Terlantar Di Tanah Asing (Kisah Rut)
Pelajaran Ke-9 — Si Mandul Yang Subur (kisah Hanna)
Pelajaran Ke-10 — Si Kecil Yang Terpilih (kisah Samuel)
Pelajaran Ke-11 — Manja Berbuah Malapetaka (Kisah Hofni & Pinehas)
Pelajaran Ke-12 — Ikut Arus
Pelajaran Ke-13 — Tertusuk Sembilu (Hati Allah)
Pelajaran Ke-14 — Yang Diminta (Kisah Saul)
Pelajaran Ke-15 — Yang Ditolak
Pelajaran Ke-16 — Masih Salah
Pelajaran Ke-17 — Yang Diusir (Kisah Saul Kerasukan)

b. Semester Genap:
Pelajaran Ke-1— Musuh Bebuyutan (Kisah Filistin)
Pelajaran Ke-2 — Iri Menindih
Pelajaran Ke-3 — Kasih Mewujud (Kisah Daud & Yonatan)
Pelajaran Ke-4 — Pagi Berdarah (Kisah Nob)
Pelajaran Ke-5 — Bisa Tak Kuasa
Pelajaran Ke-6 — Perlindungan Teraman
Pelajaran Ke-7 — Gelap Menguasai
Pelajaran Ke-8 — Terbuang, Terbunuh (kisah akhir Saul)
Pelajaran Ke-9 — Dasar Yang Goyah
Pelajaran Ke-10 — Masih Belum Cukup
Pelajaran Ke-11 — Nafsu Terumbar (Kisah Tamar dinodai)
Pelajaran Ke-12 — Darah Tercecer (Kisah Amnon terbunuh)
Pelajaran Ke-13 — Airmata Tertahan (Kisah Pemberontakan Absalom)
Pelajaran Ke-14 — Tampil Terpilih (Kisah Salomo)
Pelajaran Ke-15 — Tepat Meminta
Pelajaran Ke-16 — Mulia Merebak
Pelajaran Ke-17 — Waspada Lenyap (Kisah akhir Salomo)

3. Kelas 9 : Kupandang Allah Pemeliharaku

Penjelasan: Dalam waktu ini, para siswa diajar untuk mengenal Allah yang tetap dengan setia memelihara umatNya yang terikat dalam perjanjianNya bahkan ketika mereka terus-menerus menunjukkan ketidaksetiaan mereka. DIA tetap dengan sabar menanti mereka kembali padaNya hingga akhirnya DIA harus menjatuhkan hukumanNYA, karena umatNYA tetap memilih jalan kesesatan daripada bersetia padaNYA.

a. Semester Ganjil
Pelajaran Ke-1— Yang Di Utara
Pelajaran Ke-2 — Yang Di Selatan
Pelajaran Ke-3 — Lembu Penyesat
Pelajaran Ke-4 — Mengapa Nabi?
Pelajaran Ke-5 — Mengapa Sisa Kecil?
Pelajaran Ke-6 — Mengapa Raja?
Pelajaran Ke-7 — Yahweh Penyelamat (Kisah Yesaya)
Pelajaran Ke-8 — Asyur, Penghancur
Pelajaran Ke-9 — Aram, Ancaman
Pelajaran Ke-10 — Mesir, Pelindung
Pelajaran Ke-11 — Yahweh Ditinggikan (Kisah Panggilan Yeremia)
Pelajaran Ke-12 — Doaku, Nafasku
Pelajaran Ke-13 — Doaku, Wadah Curhatku
Pelajaran Ke-14 — Doaku, Pengubahku
Pelajaran Ke-15 — Beda Pintar & Bijak
Pelajaran Ke-16 — Beda Bodoh & Tolol
Pelajaran Ke-17 — Beda Benar & Fasik

b. Semester Genap
Pelajaran Ke-1— Salah Pilih (Kisah Ahab & Izebel)
Pelajaran Ke-2 — Jatuh Tak Jauh (Kisah Atalya)
Pelajaran Ke-3 — Sengsara Karena Sembrono (Kisah Uzia)
Pelajaran Ke-4 — Sang Penyelamat (Kisah Hosea)
Pelajaran Ke-5 — Menolak Kenikmatan (Kisah Daniel)
Pelajaran Ke-6 — Berani Bertahan (Kisah Dapur Perapian)
Pelajaran Ke-7 — Tetap Tenggelam (Kisah Yunus)
Pelajaran Ke-8 — Binasa Semalam (Kisah Belsyazar)
Pelajaran Ke-9 — Kekuatan Di Balik Kesederhanaan (Kisah Amos)
Pelajaran Ke-10 — Kemenangan Meski Tiada Harapan (Kisah Hizkia)
Pelajaran Ke-11 — Pembaharuan Karena Ketaatan (Kisah Reformasi Yosia)
Pelajaran Ke-12 — Gugur Pahlawan Karena Lalai (Kisah Kematian Yosia)
Pelajaran Ke-13 — Sadar Karena Pukulan (Kisah Manasye)
Pelajaran Ke-14 — Kehancuran Tak Terhindarkan (Kisah Kehancuran Utara)
Pelajaran Ke-15 — SabarNya Mencapai Batas (Kehancuran Selatan Pertama)
Pelajaran Ke-16 — Tak Jera Meronta (Kehancuran Selatan Kedua)
Pelajaran Ke-17 — Rata Dengan Tanah (Kehancuran Selatan Terakhir)

4. Kelas 10 : Kutau Yang Kubaca

Penjelasan: Diharapkan para siswa memahami dengan benar apa yang selama ini mereka yakini sebagai Firman Allah. Bahkan mereka juga tahu beberapa hal yang menjadi latar-belakang dari beberapa hal yang membawa mereka untuk mengerti kisah-kisah dalam Alkitab, khususnya bagian Perjanjian Baru.

a. Semester Ganjil
Pelajaran Ke-1— Apakah Alkitab itu?
Pelajaran Ke-2 — Siapakah Pengarang Alkitab?
Pelajaran Ke-3 — Bagaimana Alkitab Ditulis?
Pelajaran Ke-4 — Mengapa Hanya 39 Kitab saja?
Pelajaran Ke-5 — Mengapa Sebatas 27 Kitab?
Pelajaran Ke-6 — Terjemahan Alkitab Bahasa Lain, Adakah?
Pelajaran Ke-7 — Siapakah Penetap Alkitab?
Pelajaran Ke-8 — Bagaimana Deuterokanonika?
Pelajaran Ke-9 — Adakah Yang Lain?
Pelajaran Ke-10 — Siapakah Makabe?
Pelajaran Ke 11 — Perjuangan Makabe
Pelajaran Ke 12 — Penjajah Israel
Pelajaran ke 13 — Dinasti Hasmonean
Pelajaran Ke-14 — Apakah Hari Penyucian Bait Allah?
Pelajaran Ke-15 — Darimanakah dinasti Herodes?
Pelajaran Ke-16 — Siapakah Kaum Farisi?
Pelajaran Ke-17 — Mengapa Ada Kaum Saduki?

b. Semester Genap
Pelajaran Ke-1 — Juga Kaum Zelot?
Pelajaran Ke-2 — Mengenal Herodes Agung
Pelajaran Ke-3 — Memahami Kehadiran Romawi
Pelajaran Ke-4 — Gulungan Naskah Laut Mati (seri Pertama)
Pelajaran Ke-5 — I d e m (seri Kedua)
Pelajaran Ke-6 — Mengenal Kaum Qumran
Pelajaran Ke-7 — Kitab-kitab Apokrifa (seri Pertama)
Pelajaran Ke-8 — I d e m (seri Kedua)
Pelajaran Ke-9 — I d e m (seri Ketiga)
Pelajaran Ke-10 — I d e m (seri Keempat)
Pelajaran Ke-11 — Mengenal Gnostiksisme (seri Pertama)
Pelajaran Ke-12 — Mengenal Gnostiksisme (seri Kedua)
Pelajaran Ke-13 — Mahkamah Agama Yahudi
Pelajaran Ke-14 — Bait Allah Kedua (Jaman Ezra-Nehemia)
Pelajaran Ke-15 — Bait Allah Ketiga (Jaman Herodes Agung)
Pelajaran Ke-16 — Helenisme
Pelajaran Ke-17 — Prokurator

5. Kelas 11 : Kusuka Yang Kupunya

Penjelasan : Para siswa akan diyakinkan bahwa Alkitab yang mereka miliki adalah bacaan yang menyenangkan karena berisikan banyak hal yang bermanfaat bagi kehidupan sebagai pedoman, tuntunan dan pembaharu jiwa.

a. Semester Ganjil
Pelajaran Ke-1— Kaum Gembala
Pelajaran Ke-2 — Orang Majus
Pelajaran Ke-3 — Persembahan Dari Persia
Pelajaran Ke-4 — Kelahiran Yohanes Pembaptis
Pelajaran Ke-5 — Mengapa Mesir?
Pelajaran Ke-6 — Normalkah Yesus?
Pelajaran Ke-7 — Mengapa umur 12?
Pelajaran Ke-8 — Mujizat Pertama
Pelajaran Ke-9 — Murid Pertama
Pelajaran Ke-10 — Duabelas Murid
Pelajaran Ke-11 — Tujuhpuluh Murid
Pelajaran Ke-12 — Mengapa KeluargaNya?
Pelajaran Ke-13 — Iman Yang Hebat (Kisah Prajurit)
Pelajaran Ke-14 — Iman Yang Kurang (Pengusiran Setan)
Pelajaran Ke-15 — Jadilah Garam Dunia
Pelajaran Ke-16 — Terangilah Dunia
Pelajaran Ke-17 — Berdoa, Bersembunyilah.

b. Semester Genap
Pelajaran Ke-1— Beri Dengan Rela
Pelajaran Ke-2 — Ampuni Sampai Tuntas
Pelajaran Ke-3 — Jangan Kuatir
Pelajaran Ke-4 — Pantang Munafik
Pelajaran Ke-5 — Gembala Yang Baik
Pelajaran Ke-6 — Pokok Anggur Yang Benar
Pelajaran Ke-7 — Sahabat Sejati
Pelajaran Ke-8 — Doa Bapa Kami (seri pertama)
Pelajaran Ke-9 — Doa Bapa Kami (seri kedua)
Pelajaran Ke-10 — Hukum Terutama (seri pertama)
Pelajaran Ke-11 — Hukum Terutama (seri kedua)
Pelajaran Ke-12 — Perumpamaan Yesus
Pelajaran Ke-13 — Benih & Penabur
Pelajaran Ke-14 — Gandum & Ilalang
Pelajaran Ke-15 — Anak Terhilang
Pelajaran Ke-16 — Dirham Yang Hilang
Pelajaran Ke-17 — Penggarap Kebun Anggur

6. Kelas 12 : Kubagi Yang Kudapat

Penjelasan : diharapkan para siswa makin memahami bahwa hidup sebagai seorang Kristen adalah memberi dan membagi sebagaimana yang diajarkan oleh Krsitus sendiri sehingga kita mampu mempertunjukkan kepada dunia bahwa kita ini adalah anak-anak Allah yang hidup, para murid Kristus dan kita ikut mewarnai dunia ini melalui kehadiran kita.

a. Semester Ganjil
Pelajaran Ke-1— Lima Roti & Dua Ikan
Pelajaran Ke-2 — Kota-kota Terkutuk
Pelajaran Ke-3 — Yerusalem Yang Malang (Ratapan Yesus)
Pelajaran Ke-4 — Di Tepi Betesda
Pelajaran Ke-5 — Melihat, Terhukum
Pelajaran Ke-6 — Tiada Kesempatan (Wanita berzinah)
Pelajaran Ke-7 — Talita Kum (Kisah Putri Yairus)
Pelajaran Ke 8 — Aku Mau (Kisah Si Kusta)
Pelajaran Ke-9 — Tiada Mas & Perak
Pelajaran Ke-10 — Dusta Membawa Maut
Pelajaran Ke-11 — Rusa Pemurah (Kisah Dorkas)
Pelajaran Ke-12 — Penghibur Sejati (Kisah Barnabas)
Pelajaran Ke-13 — Petobat Baru (Kisah Paulus)
Pelajaran Ke-14 — Kemana Saja (Kisah Filipus)
Pelajaran Ke-15 — Athena Merana
Pelajaran Ke-16 — Korintus Terbungkus
Pelajaran Ke-17 — Efesus Terfokus

b. Semester Genap
Pelajaran Ke-1— Mengenal Roma
Pelajaran Ke-2 — Sekilas Korintus
Pelajaran Ke-3 — Dimanakah Galatia?
Pelajaran Ke-4 — Efesus Sebenarnya
Pelajaran Ke-5 — Menjenguk Filipi
Pelajaran Ke-6 — Mengunjungi Kolose
Pelajaran Ke-7 — Memandang Tesalonika
Pelajaran Ke-8 — Timotius, Anakku
Pelajaran Ke-9 — Titus, Saudaraku
Pelajaran Ke-10 — Filemon, Sobatku.
Pelajaran Ke-11 — Benarkah Anonim (Surat Ibrani)
Pelajaran Ke-12 — Lugasnya Yakobus
Pelajaran Ke-13 — Tegarnya Petrus
Pelajaran Ke-14 — Rasul Kasih
Pelajaran Ke-15 — Singkatnya Yudas
Pelajaran Ke-16 — Apokalupsis
Pelajaran Ke-17 — Menanti Sambil Berkarya

to be continued … buat teman-teman yang tergerak untuk menyumbangkan bahan boleh langsung mengirimkan informasi ke email penulis
( aero_caesar@yahoo.com ). Thnx

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s