Sehelai Rambut Dibelah Tujuh

Potensi seseorang biasa-biasa saja itu
seperti sebuah lautan luas yang belum terlayari,
sebuah benua baru yang belum dijelajahi,
sebuah dunia dengan segala kemungkinan
yang menunggu untuk dibebaskan dan dibimbing menuju kebaikan

Brian Tracey

Apa kita bisa bebas dari kesukaran di dalam dunia ini? Setiap orang dalam mencari solusi hidup ingin bebas dari kesukaran. Rasanya kalau kita bebas dari satu kesukaran esok akan datang lagi yang lain. Jadi bukan menimang-nimang datangnya kesukaran, namun bagaimana kita dapat mengatasi tiap kesukaran. Kesukaran yang sama tentu kita sudah tahu cara mengatasinya, karena katanya orang buta tidak akan kehilangan tongkat dua kali.

Bagaimana caranya kita melihat kesukaran yang kita hadapi, sebagai sebuah gunung tinggi, jurang yang terjal, atau gunung yang akan kita daki dan lereng yang akan kita turuni? Itu adalah pandangan kita melihat kesukaran. Waktu Sir Edmund Hillary gagal menaklukkan gunung Himalaya, ia berkata kepada gunung itu., ”Tahun depan saya akan datang kembali dan menaklukkan engkau. Engkau akan berdiri tetap, tetapi saya akan mendakimu” Itulah suatu tekad dalam mengatasi kesukaran.

Kalau kita melihat segalanya sesuatu yang tidak mungkin seperti seekor unta masuk lubang jarum, atau seperti membelah sehelai rambut manjadi tujuh,. Bagaimana membelah rambut yangt sudah demikian halusnya, menjadi tujuh.? Nah inilah yang menarik. Waktu orang membuat jalur kereta api dari pantai Timur ke Barat Amerika itu suatu hal yang tidak mungkin., terlalu banyak bukit, terowongan, hutan dan lain-lain. Waktu Inggris dan Perancis membuat Euro tunnel apa mungkin? Waktu orang Tionghoa pertama berjalan di ruang angkasa belum lama ini, orang ragu ternyata bisa juga. Bahkan kini kita sudah ditawarkan jalan-jalan ke ruang angkasa dengan harga tiketnya 2 milir per orang.

Apakah Anda percaya? Kalau pesawat terbang White Knight Two sukses terbang di tahun 2009, maka kita bisa terbang ke ruang angkasa. Gagasan ini dituangkan oleh Richard Branson, pemilik Virgin Airlines. Ia berkata “Tiap orang mempunyai bakat, hanya barnyak orang tidak sadar bahwa ia memiliki bakat itu”.

Being present (hadir ) atau live your life adalah nasihat Richard Branson pemilik Virgin Group pada putra putrinya ketika menghadapi maut, agar mereka menghayati betul kehidupan yang tengah dilalui sekarang, Selanjutnya ia berkata,”Jangan menyesali masa lalu dan jangan kuatir akan masa depan.

Suatu hari ia terdampar di Lautan Karibia, tidak bisa pulang, ia mengajak orang yang terdampar untuk mengumpulkan uang dan mencarter sebuah pesawat dan berhasil. Itulah kisah lahirnya Virgin Air yang nantinya menawarkan jalan-jalan ke ruang angkasa. Live your life!.

Rambut memang sulit dibelah tujuh, tetapi Pencipta kita menciptakan 100 milyar sel yang membuat segala kemungkinan terbuka, asal kita bekerja dan berdoa memohon hikmat daripadaNya.

Beberapa tips menghadapi kesukaran :

1. Kesukaran membuat orang kreatif.
Kalau kita baca membanyak cerita-cerita orang berhasil, maka, kesulitan membuat orang berusaha mencari jalan keluar. Katanya ,”Tidak ada rotan akar pun jadi” Itu adalah tipe orang “solution oriented” yang dibutuhkan saat ini.

2. Ada pelajaran yang dapat ditarik
Dalam setiap kesukaran pasti ada pelajaran baru yang kita peroleh. Setiap orang mempunyai kekuatan dan kelemahan. Dengan kita melihat kelemahan kita, kita belajar dari kekurangan kita, dan kita perkuat kelebihan kita, sehingga menimbulkan rasa percaya diri. Tiap orang pasti berguna di mata Tuhan.

3. Jangan putus asa
Kunci keberhasilan dalam mengatasi kesukaran apa pun adalah jangan cepat putus asa. Seringkali kita sudah berada di ujung terowongan keberhasilan, kita tiba-tiba berhenti berusaha. Sebenarnya kita sudah akan menyelesaikan pekerjaan kita, namun kita kurang tekun sedikit. Kita perlu berserah dalam keputusasaan dan menyerahkan persoalan kita kepadaNya. God is greater than our problem.

4. Menjadi pemenang
Kita dilahirkan sebagai pemenang dan bukan pecundang, Kita akan bahagia kalau dapat mengatasi tantangan dan hambatan. Barry Gibbons yang ditinggal ibunya yang berumur 3 tahun. Ia mengalami kesulitan dengan orang tua tunggal. Namun ia berusaha mengatasi rintangan dan menjadi orang yang berhasil memotori perubahan Burger King pada tahun 1990. Ia berkata, ”Saya rasa yang terjadi adalah beguti berhasil mengatasi satu rintangan anda akan lebih gemas lagi, anda baru sadar bahwa anda bisa suskes. Ia merasa nikmat kalau bisa mengatasi tantangan dan menghadapi tantangan berikutnya.

Bagi orang sukses, hambatan menyalakan sifat genetis apa pun yang dimiliki, hambatan membuat kita belajar tentang diri sendiri, tentang kemampuan kita untuk menang, dan tentang sikap kita pada saat kalah.

Nah saudara jangan kuatir membelah rambut menjadi tujuh, karena bisa jadi menjadi empat belas, kalau Anda sudah tambah yakin.

Seseorang yang memiliki kepercayaan diri akan
mendapatkan kepercayaan dari orang lain

Pepatah Yahudi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s