MANUSIA PURBA YANG BENAR DAN TIDAK BERCELA

Nabi Nuh (Kejadian 6:9) “Seorang yang benar dan tidak bercela di antara orang-orang sezamannya.” Selain itu ia disebut “hidup bergaul dengan Tuhan” (Kejadian 6:9).

Bapak Nuh ini (beserta keluarganya) adalah seorang pribadi historis. Ia adalah sosok manusia yang baik budinya, bahkan jelas orang yang tidak suka kekerasan.

Jadi dalam istilah kita sekarang, orang langka yang lain dari yang lain-lain di zaman yang serba busuk dan kejam; orang saleh berbudi lembut di “bumi (yang) telah penuh rusak di hadapan Tuhan dan penuh dengan kekerasan” (Kejadian 6:11).

Bapak Nuh tidak hanyut dengan arus kebanyakan orang. Ia tidak suka kekerasan menghadapi sesama. Akan tetapi, (sejajar dengan ungkapan Bapak Uskup A Soegijapranata, SJ almarhum tentang sikap orang Katolik yang benar dan baik) orang semacam itu firmus in re, suavis in modo. Artinya, keras kepala dalam soal prinsip, tidak ikut-ikutan, tegas sikapnya, tetapi lembut bila menghadapi sesama manusia.

Figur Nuh ialah hamba Allah yang ideal. Ia konsekuen dalam apa yang ia lakukan konkret, juga ketika atas perintah Tuhan ia membuat kapal penyelamat, menghadapi datangnya air bah amat besar yang akan menggenangi bumi sampai menutupi gunung-gunung (Kejadian 6:20).

Nuh sendirian, atau dalam bahasa sekarang disebut minoritas, bahkan minoritas dari minoritas. Ia figur diaspora terpencil di tengah lingkungan besar yang “sungguhlah rusak benar, sebab semua manusia menjalankan hidup yang rusak di bumi” (Kejadian 6:12), atau dalam bahasa rakyat, “di tengah zaman edan tidak ikut edan, tetapi tetap ingat dan waspada.”

Nabi Nuh selamat karena teguh sikapnya, mempercayakan diri kepada Sabda Tuhan. Dan kepercayaan atau imannya itulah (Roma 3:28) yang menyelamatkan Nuh beserta keluarganya. (Dari “Gereja Diaspora” hal. 147-148. Penerbit Kanisius 1999).

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s