Let’s Dreams with Me

Sudahkan Anda tahu apa yang Anda inginkan dalam kehidupan ini? Bisakah Anda menjawab pertanyaan,
‘Apa yang sepenuhnya Anda inginkan dalam kehidupan ini?’ kurang dari 10 detik? Memang kebanyakan orang tak dapat menjawab pertanyaan ini dengan cepat. Sebenarnya yang diharapkan dari pertanyaan ini adalah deskripsi dari apa yang benar-benar Anda inginkan. Jadi jawaban seperti, ‘ingin jadi orang kaya, tinggal di rumah mewah’ atau ‘bertemu seseorang yang istimewa’ tidaklah masuk dalam hitungan. Jawaban-jawaban itu, seperti yang kebanyakan dilontarkan orang, sebenarnya menunjukan kalau mereka tidak dapat mengidentifikasi apa yang benar-benar mereka inginkan.

Lantas kenapa jawaban ini penting diketahui secara detail? Karena jawaban pertanyaan itu merupakan ungkapan nyata dari impian Anda. Impian merupakan hal unik bagi pemiliknya, dan itu mewakili sesuatu yang sangat penting bagi kebahagiaan dan pertumbuhan seseorang sebagai sebuah pribadi. Dan juga merupakan ekspresi dari diri sejati Anda, dan memberi arti yang amat besar serta tujuan pasti dalam kehidupan Anda.

Jadi, apa yang Anda ketahui tentang impian Anda? Banyak orang bilang, ‘Andai aku tahu apa yang benar-benar kuinginkan.’ Jika ini terjadi pada Anda, berikut beberapa tips untuk menemukan tujuan sejati Anda.

1. Luangkan waktu untuk memikirkan secara serius, tentang apa yang Anda ingin lakukan dalam hidup. Awali dengan pertanyaan ‘Bagaimana aku ingin melewatkan setiap hari jika aku bebas memilih?’ Ini merupakan saat serius, dan Anda mesti meluangkan setidaknya sejam tiap harinya untuk berusaha menemukan jawabannya.

2. Tuliskan dalam selembar kertas hal-hal yang benar-benar Anda nikmati, yang Anda memiliki minat lebih untuk mengerjakannya. Tulis pula hal-hal luar biasa yang ingin Anda coba lakukan. Misalnya: Bekerja dengan komputer, menulis, memotivasi orang lain untuk mencapai sukses, bermain gitar, musik, memasak, perjalanan, sejarah, kesenian, dan yang lainnya.

3. Tuliskan dalam kertas yang berbeda, segala hal yang benar-benar tak ingin Anda lakukan dalam hidup. Ini merupakan teknik terbaik dan akan membawa kejelasan. Misalnya: Tidak ada pekerjaan ulang, tak mau punya bos, tak mau menjalin hubungan, tak mau melakukan pekerjaan rutin, dan lain-lain. Kuncinya: jujurlah pada diri sendiri saat menuliskannya. Apapun yang tak Anda sukai, tulis saja semuanya. Kewajiban tak berlaku di sini, ini hanya tentang apa yang tidak Anda sukai.

4. Ajukan pertanyaa: ‘Untuk siapa semua ini?’ Apakah Anda ingin memenuhi impian itu demi mendapat penerimaan dari orang lain atau melakukannya demi diri sendiri? Impian Anda tak butuh persetujuan dari orang lain, ini semua berkaitan dengan kehidupan Anda, bukan mereka. Mengejar impian hanya demi mendapat penerimaan dapat terlihat dari: Anda memikirkan apa yang tidak diterima orang lain? Apakah Anda membuat mereka senang, atau diri Anda yang senang? Miliki impian karena Anda benar-benar menginginkannya merupakan sesuatu yang penting dan berarti bagi kehidupan Anda. Memang, penerimaan orang lain itu menyenangkan. Tapi, jika orang lain tak menyetujui cara hidup yang Anda pilih, jangan biarkan itu menghalangi Anda. Miliki keberanian untuk jadi diri sendiri dan menjalani hidup yang Anda anggap layak, dan bukan kehidupan yang dianggap layak oleh orang lain.

5. Impian Anda adalah sesuatu yang istimewa. Seharusnya adalah sesuatu yang membuat Anda senang, penuhi diri Anda dengan ambisi membara dan keteguhan untuk mencapainya. Jika Anda hanya setengah-setengah menginginkan impian itu, maka Anda tak akan mengerahkan usaha terbaik untuk mencapainya. Impian itu haruslah sesuatu yang benar-banae Anda usahakan untuk tercapai. Gagal mencapainya, tentunya bukan pilihan mudah, pasalnya hal itu akan membuat Anda merasa merana dan tak bahagia. Jadi, memiliki komitmen pada impian merupakan hal vital. Pikirkan, buat rencana, tuliskan semua, rancang tujuan-tujuan pendek untuk mencapai tujuan besar Anda. Dan yang terpenting, bertindaklah dari hari ke hari untuk mewujudkan impian Anda.

Ketika aku melakukan tahap-tahap ini dengan mengkombinasikan beberapa informasi dari sumber-sumber yang lain akhirnya terumuslah impian yang ingin aku capai untuk 10-20 tahun mendatang :
1. Menyelesaikan studi sampai S3 di bidang Theologia
2. Memiliki usaha sendiri, dalam hal ini saya memimpikan memiliki toko buku
3. Menjadi seorang dosen di Seminari Theologia
4. Memotivasi orang lain mengembangkan diri untuk sukses

I will give all my energy and my priority to reach my dreams. thanks God

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s