DAERAH BUTA

           Ada pepatah orang-orang tua yang mengatakan, “ seperti katak dalam tempurung. “ Mungkin kita heran mengapa ada katak dalam tempurung? apa ia rada-rada bego sampai bisa terkurung dalam tempurung? Tetapi orang-orang tua zaman dulu yang membicarakan pepatah ini sebenarnya memberi arti yg sangat dalam terhadap peribahasa ini.

          Manusia seringkali seperti katak dalam tempurung, merasa ia yang paling pintar, paling tahu, paling … ( tolong sebut sendiri sisanya ). Tetapi ketika ia keluar dari tempurungnya, ternyata dunia itu tidak sebesar tempurung tetapi sangat luas ( yang pasti lebih luas dari daun kelor ). He …2x

          Falsafah katak ini seringkali muncul dalam keseharian kita, mungkin secara sadar maupun tidak sadar!. Acapkali kita menyepelekan hal-hal yang sebenarnya sangat penting  dengan dalih… malas ah, masa bodoh, ngak mau tahu ………mmm kedengarannya seperti tuduhan ( jangan diambil hati ya, tenang aja ngak dipenjara kok ).

          Contohnya yang paling gampang… adalah membaca. pekerjaan membaca gampang-gampang susah. Padahal membaca membuat kita bisa melihat melalui jendela-jendela dunia. Jika kita sadari Membaca memberikan kita banyak inspirasi, cerita, dorongan semangat, pengetahuan, pengalaman, bahkan melalui membaca kita bisa bepergian tanpa uang, masuk ke daerah-daerah maupun tampat orang lain yang belum kita kenal sama sekali …. Banyak kegunaan dari membaca yang seringkali kita abaikan dalam kehidupan kita sehari-hari.

          tulisan ini hanya tulisan biasa aja Kok! Tidak pernah ada orang yang membaca tulisan ini akan merenung berjam-jam, atau tidak tidur berhari-hari hanya karena memikirkan artikel ini. Buktinya hidup mereka biasa-biasa aja, malah mungkin “ ngak ngaruh tuh … ! “  Tetapi menurut hemat penulis … memang sebaiknya kita sekarang berusaha untuk mulai membaca. Karena jika tidak membaca maka kita jauh dari pengetahuan, jika kita jauh dari pengetahuan maka kita dekat dengan kebodohan. Jika dekat dengan kebodohan biasanya dekat dengan kemalasan, dan kemalasan pasti tidak jauh dari kemiskinan…..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s