Jadilah Cerdik

Pada jaman Zhanguo (475-221 SM), suatu kali ketika akan makan, Jin Wengong mendapatkan daging panggang yang diantar oleh juru masak, di atasnya terdapat sehelai rambut. Jin Wengong sangat marah, langsung memanggil si juru masak dan memarahinya, “Apakah Anda berniat membuat saya mati tersedak? Mengapa ada rambut di atas daging panggang?”

Ada perkataan “Menemani raja bagai menemani harimau”, bila tidak berhati-hati dan membuat Raja marah, mungkin kepalanya bisa dipenggal. Oleh karena itu hati si juru masak sangat tegang, juga penuh dengan tanda tanya.

Tadi tidak melihat adanya rambut, bagaimana bisa muncul di atas daging panggang?

Setelah berpikir sejenak, dan dengan melihat sejenak pada ajudan di samping Jin Wengong, ia segera mengerti apa yang terjadi. Ternyata ia difitnah, ia sadar tidak ada gunanya walaupun ia berteriak tidak bersalah, lebih baik ….

Si juru masak itu segera menyembah dan mohon pengampunan, “Hamba tahu telah bersalah, akan tetapi hamba punya 3 sanggahan. Pisau sudah diasah setajam pedang pusaka, daging dapat putus teriris, tetapi rambut malah tidak putus, ini adalah sanggahan pertama.

Memakai stik kayu menusuk potongan daging, di atas daging ada rambut, malah tidak terlihat, ini sanggahan kedua. Membakar daging di atas tungku arang, dengan api yang membara, daging sudah masak, rambut bahkan tidak hangus terbakar, ini adalah sanggahan ketiga.”

Ia melanjutkan berkata, “Atau mungkin saja diantara orang yang melayani Anda ada orang yang iri dan membenci saya.”

Jin Wengong merasa cukup beralasan juga, langsung memanggil ajudannya itu dan menanyakan padanya, ternyata benar orang ini yang telah memfitnahnya.

One thought on “Jadilah Cerdik

  1. Ping-balik: Health, Beauty and The Experiences » Blog Archive » Jadilah Cerdik

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s